What's in this blog

I don't tell you a lot about theories, you can Google them easily. I tell you about my opinion, which can affect your opinion and open your mind about marketing and branding.

Sabtu, 16 Mei 2015

Kenapa Aqua Rajin Beriklan?


Aqua merupakan salah satu merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang paling terkenal di Indonesia. Dalam kehidupan sehari-sehari, Aqua telah menjadi merek generik untuk AMDK. Hal ini terlihat saat konsumen membeli air minum kemasan dengan menyebutkan nama "Aqua", padahal yang mereka beli adalah air minum kemasan merek lain. Aqua menjadi top of mind untuk merek AMDK.

Aqua masih tetap bertahan menjadi pemegang pasar terbesar dalam hal air mineral kemasan, tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan tergeser oleh banyaknya kompetitor. Seperti yang kita ketahui, Aqua adalah brand generik. Banyak konsumen menyebut merk Aqua namun ternyata yang didapatkan bukan Aqua dan kebanyakan konsumen tidak mempermasalahkan hal tersebut. 

Mungkin inilah mengapa brand sebesar dan sesukses Aqua masih rajin beriklan dimana-mana. Aqua terus-menerus masuk kedalam benak konsumen dengan menggunakan campaign yang berbeda-beda. Dulu Aqua pernah hadir dengan campaign "1 untuk 10", lalu ada lagi program "Dari Kita untuk Indonesia". Program “1 untuk 10” dan “Dari Kita Untuk Indonesia” sama-sama merupakan salah satu wujud kepedulian Aqua untuk berkontribusi terhadap peningkatan akses air bersih dan penyehatan lingkungan bagi masyarakat. Program "Dari Kita Untuk Indonesia" juga membuat kompetisi pembuatan gambar packaging Aqua yang bertema Indonesia.

 




















Campaign Aqua terakhir adalah #AdaAqua. Program ini ingin mengingatkan konsumen tentang pentingnya minum air putih secara teratur, karena jika tidak dapat menurunkan konsentrasi dan fokus. Campaign ini dikemas secara kreatif, menarik, dan bahkan lucu. Buzz nya sangat terasa. Iklan TV sering terlihat, begitu pula dengan outdoor media, seperti neonbox.

Video #AdaAqua : https://www.youtube.com/watch?v=JaQNlLTOO-M

Dulu di awal masa promosi, Aqua menggunakan brand story untuk mengkomunikasikan brand nya. Diceritakan bagaimana murninya air minum Aqua dan darimana air minumnya berasal. Sekarang masih ada brand AMDK lain yang menggunakan hal seperti ini, tapi bagi Aqua yang sudah memegang pangsa pasar di Indonesia, Aqua sudah tidak berfokus pada cerita produk, tetapi lebih kepada membuat campaign yang kreatif. 
 





1 komentar: