What's in this blog

I don't tell you a lot about theories, you can Google them easily. I tell you about my opinion, which can affect your opinion and open your mind about marketing and branding.

Minggu, 22 Februari 2015

Pizza Hut

Sebelumnya saya ingin minta maaf dulu kepada para pembaca karena saya terus-terusan membahas makanan, dan mungkin ngabibita pembaca. Habis, brand-brand makanan cenderung lebih menarik daripada brand lain sih (mungkin karena saya sambil research dan ngeliatin foto-foto makanannya).


Sekarang saya ingin membahas tentang Pizza Hut dan brand positioning yang ingin dibangun. Menurut saya, positioning Pizza Hut adalah penyedia pizza bagi orang-orang yang makan bersama. Maksudnya, Pizza Hut bukan tipe tempat yang enak untuk nongkrong sendirian. Makanannya pun bukan tipe makanan yang dinikmati sendirian.

Arti dari brand positioning sesungguhnya bisa anda lihat sendiri di internet atau di text book. Brand positioning, bahasa sederhananya adalah, apa yang anda inginkan tertanam di benak konsumen mengenai brand anda.

Kenapa saya bisa menyimpulkan brand positioning Pizza Hut seperti demikian? Hal ini dapat terlihat dari beberapa aspek :

1. Iklan
Perhatikan iklan-iklan yang ditayangkan Pizza Hut. Pasti menayangkan suasana keluarga sedang makan bersama di restoran Pizza Hut atau teman-teman kantor yang sedang berkumpul. Ada juga yang menampilkan dua orang, entah pasangan, entah teman. Saya sih tidak pernah menemukan iklan Pizza Hut yang hanya dibintangi satu pemain iklan saja.

2. Promo
Promo yang diberikan oleh Pizza Hut juga biasanya untuk paket-paket makanan, dimana konsumennya harus banyak. Pizza Hut memberikan banyak pilihan paket yang berubah-ubah setiap jangka waktu tertentu, konten dari paket pun diubah agar konsumen dapat merasakan produk-produk baru. Selain promo dalam bentuk paket, Pizza Hut juga memberikan diskon terhadap produk tertentu di hari tertentu.
Ini adalah contoh iklan promo paket dan diskon :

https://www.youtube.com/watch?v=s7xlxDDV5Ac (Iklan Paket Hemat Banget)
https://www.youtube.com/watch?v=n6U0Q_5aOk4 (Iklan Big Box)
https://www.youtube.com/watch?v=skWQ7TWSyCA (Iklan Sensasi Delight)

3. Tagline
Coba baca tagline ini "Berbagi bersama di Pizza Hut!"
Apakah Anda membacanya sambil bernanyi di dalam hati? Mungkin ada yang iya, ada yang tidak, tapi saya yakin kebanyakan pembaca pasti hafal dengan jingle Pizza Hut yang satu ini karena jingle ini terus-menerus dikumandangkan di akhir iklan Pizza Hut di televisi. Tagline Pizza Hut mengajak konsumen untuk makan bersama-sama di Pizza Hut. Tagline ini menekankan bahwa makan yang menyenangkan adalah bersama-sama, bukan sendirian.

Contoh iklan yang menggambarkan tagline ini dengan baik :
https://www.youtube.com/watch?v=NT40Ep9RIQs (Happy Melody)
https://www.youtube.com/watch?v=r_RXx_m3HZ4 (Berbagi Bersama)


Hal-hal lain yang saya sukai dari Pizza Hut, terutama iklan-iklannya, adalah ikan Pizza Hut selalu menggunakan lagu-lagu yang catchy dan menyenangkan. Beda promo, beda juga lagunya. Namun selalu diakhiri dengan "Berbagi bersama di Pizza Hut!". Iklan-iklan Pizza Hut selalu menayangkan keceriaan dan kebahagiaan bersama orang-orang terdekat. Positif sekali.

Tapi yang paling saya suka adalah cara pengambilan gambarnya yang sangat baik. Keju terlihat melted, irisan daging sapi yang jatuh pelan-pelan, minuman yang terlihat segar, eskrim ditata dengan cantik. Semua cara pengambilan makanan tersebut membuat saya ngiler seketika, terutama saat saya research untuk bikin artikel ini. Mendadak lapar rasanya.

Saya ingin share iklan Pizza Hut tahun 1996 yang menurut saya kocak :
https://www.youtube.com/watch?v=x2Qa44ZQkIE

Terakhir, saya ingin share gambar-gambar produk Pizza Hut biar bukan saya saja yang kabita :




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar