What's in this blog

I don't tell you a lot about theories, you can Google them easily. I tell you about my opinion, which can affect your opinion and open your mind about marketing and branding.

Minggu, 15 Maret 2015

Nike dan Endorsement

(Celebrity) Endorsement menurut businessdictionary.com adalah 
A form of brand or advertising campaign that involves a well known person using their fame to help promote a product or service.

Nike menjadi salah satu pencetus pengguna endorsement. Di tahun 1990-an, Nike mencoba pendekatan pemasaran baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya, yaitu menggunakan endorsement. Lewat endorsement dari Michael Jordan, Nike berusaha mengaitikan fesyen, olahraga, dan gaya hidup. Nike sangat sukses dalam menjalankan strategi ini. Sejak saat itu Nike terus-menerus meng-endorse macam-macam atlet.

Namun, menurut brandingstrategyinsider.com, endorsement adalah hal yang salah di dalam marketing. Selain mahal, menggunakan endorser juga dinilai tidak efektif. Riset dilakukan pada tahun 2010 dan hasilnya menunjukkan bahwa iklan di TV yang menggunakan selebriti mempunyai hasil yang mengecewakan 


Pada tahun 2010 memang gaya hidup sudah mulai berubah. Media sosial sudah menjadi kebutuhan sehari-hari konsumen. Konsumen sudah tidak lagi "percaya" akan iklan TV, tetapi lebih percaya pada apa yang mereka lihat di media sosial, yaitu pendapat dari teman-teman dan sesama konsumen lain. Mereka lebih percaya pada brand advocates, lalu mereka juga menjadi brand advocates. Saya akan membahas brand advocates dalam entri-entri selanjutnya.

Tapi, sampai sekarang Nike masih saja aktif dalam menggunakan endorsement dan segalanya berjalan dengan baik bagi Nike. Bagi perusahaan yang bergerak dalam bidang olahraga, sepertinya endorsement efektif dan membuahkan hasil. Ada ikatan emosional saat fans melihat atlet idola mereka menggunakan merek sepatu tertentu. Mungkin mereka merasa performa mereka akan semakin bagus seperti sang atlet idola jika mereka menggunakan merek sepatu yang sama. 

Nike ingin memberikan asosiasi tertentu pada produk. Nike berusaha menjadi barang yang identik dengan generasi, kaum, atau golongan tertentu. Pendekatan pemasaran yang dilakukan Nike berhasil mengubah sepatu olahraga yang tadinya hanya kebutuhan olahraga menjadi kebutuhan fesyen yang memberikan identitas baru pada konsumennya.

Michael Jordan adalah atlet endorser paling mahal di dunia. Nike menggunakan Michael Jordan untuk praktik endorsement pertama kali Nike. Michael Jordan sudan pensiun di tahun 2003 tetapi ia mash mendapatkan cek dari Nike setiap tahunnya sebesar $50 jura - $60 juta. Itu baru dari Nike saja loh, Michael Jordan juga menjadi endorser bagi merek-merek lain, bayangkan keuntungan pasif yang ia dapatkan hanya melalui endorsement.
Nike tidak hanya mengendorse Michael Jordan, tapi masih banyak atlet lain seperti Roger Federer, Maria Sharapova, dan Christiano Ronaldo. Sekarang bayangkan berapa banyak yang Nike harus keluarkan untuk endorsement-endorsement yang tidak murah ini.




Referensi : Buku "100 Kisah Klasik Pemasaran"
www.tsmplug.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar