Brand personality muncul dari semua aspek. Produk itu sendiri, packaging, warna yang digunakan, iklan, semua mencerminkan brand personality. Brand personality Anda harus mempunyai keunikan sendiri yang bisa membedakan brand Anda dengan pesaing. Dengan mempunyai brand personality yang kuat, brand akan lebih mudah dikenali oleh konsumen. Konsumen mempunyai asosiasi tertentu terhadap brand anda.
Brand personality berbeda dengan brand image. Brand image melihat sisi tangible dari suatu produk, terutama keuntungan dan atributnya. Sedangkan brand personality mengindikasikan asosiasi dan karakter yang dilihat oleh konsumen secara emosional.
Menentukan brand personality perusahaan bukan hal yang simple. Harus dilakukan riset dan pemahaman mendalam mengenai positioning brand. Jangan sampai personality brand yang ingin Anda bangun malah berbeda dengan yang telah terbangun. Perhatikan aspek visual brand Anda. Visual amat berpengaruh. Bagi Anda yang dalam tahap start up sebuah usaha, kuis ini dapat membantu menentukan brand personality Anda http://www.bigbrandsystem.com/uncover-your-brand-personality-quiz/
Contoh dari brand personality :
1. Harley Davidson : laki-laki penyuka kebebasan, petualang
2. Disney : ceria, imajinatif
3. Macbook : sophisticated, simple, eksklusif
Ada lima dimensi brand personality. Lima dimensi ini semacam garis besar dari personality brand. Lima dimensi tersebut adalah sincerity, excitement, competence, sophistication, dan ruggedness.
![]() |
Sumber : pivotcon.com |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar