What's in this blog

I don't tell you a lot about theories, you can Google them easily. I tell you about my opinion, which can affect your opinion and open your mind about marketing and branding.

Jumat, 15 Mei 2015

Brand Image Online Shop Instagram

E-commerce atau penjualan melalui internet semakin berkembang. Media e-commerce yang paling banyak digunakan antara lain adalah Instagram. Pelaku e-commerce ini disebut online shop dan seringkali akrab dengan sapaan "sis" dan "bro". Online shop sangat banyak jumlahnya. Kita lihat saja pelaku online shop Instagram di Indonesia, sudah tak terhitung. Setiap hari muncul online shop baru. Bagaimana tidak, membuat online shop sangat mudah dan siapapun yang mempunyai smartphone dan koneksi internet dapat membuat online shop. Produk yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari pakaian, make up, jasa menggambar, alat tulis, makanan, sampai obat-obatan. Anda yang menggunakan instagram pasti sering melihat akun yang namanya semacam "jual_obat_tinggi_langsing". Dimana Anda melihat hal itu? Anda mencari sendiri kah, Anda difollow oleh online shop yang bersangkutan, atau Anda melihatnya di kolom komentar artis-artis terkenal?

Artis atau public figure memang merupakan sosok yang menjadi sasaran bagi para online shop. Seringkali ada artis yang menerima endorsement. Namun banyak juga online shop yang memanfaatkan kolom komentar di foto artis untuk mempromosikan brand nya secara gratis. Bener sih, dibaca banyak orang. Followers artis kan biasanya puluhan ribu atau ratusan ribu orang. Tapi pernahkah Anda berpikir dari sisi si artis tersebut?

Berapa banyak online shop yang spamming di akun Instagram seorang artis dalam sehari? Mungkin bisa sampai ratusan. Komentar online shop akan tertelan dan hilang karena tertutup oleh komentar-komentar yang lain. Usaha spamming pun menjadi sia-sia karena brand anda sudah tidak terbaca. Bayangkan betapa terganggunya artis-artis yang menerima sangat banyak komentar promosi seperti itu setiap hari. Tidak jarang artis mem-posting foto dengan caption yang menyindir perilaku itu atau meminta dengan sopan agar cara promosi seperti itu tidak dilakukan lagi.

Brand image dari online shop yang spamming itu juga tentu akan berubah. Bisa saja sebenarnya produk yang mereka jual bagus dan berkualitas, tapi dengan cara promosi seperti itu, mereka jadi terkesan murah dan kurang laku. Brand image malah terkesan jelek di mata konsumen.

Pengertian brand image menurut bussinesdictionary.com :

       "The impression in the consumers' mind of a brand's total personality (real and imaginary qualities and shortcomings). Brand image is developed over time through advertising campaigns with a consistent theme, and is authenticated through the customers' direct experience."

Berikut tanggapan seorang pengguna ask.fm yang sering mendapatkan spam online shop dengan nama akun @skeletale, which I think so true.

3 komentar: