What's in this blog

I don't tell you a lot about theories, you can Google them easily. I tell you about my opinion, which can affect your opinion and open your mind about marketing and branding.

Kamis, 14 Mei 2015

Russian Pointe - Brand Name Unggulan (2)

Saya sudah menjelaskan mengenai sepatu ballet di post sebelumnya. (Yang belum baca, baca dulu deh). Ini adalah post lanjutan dari "Russian Pointe - Brand Name Unggulan (1)". Anda sekarang sudah tahu bahwa pointe shoes adalah dambaan dan prestis untuk penari ballet. Dalam dunia ballet, Russian Ballet adalah yang paling terkenal dan dinilai paling susah kurikulumnya. Sampai ada ungkapan, "no matter how good you dance, you will never dance better than a 10 years old Russian dancer".

Ada beberapa sekolah ballet di Rusia yang paling ternama, diantaranya adalah (Kirov) Mariinsky Ballet dan Bolshoi Ballet. Penari-penari ballet jebolan kedua sekolah tersebut mempunyai kemampuan yang sudah tidak diragukan lagi. Mereka berkarir secara internasional. Penari-penari Rusia favorit saya diantaranya adalah Svetlana Zakharova dan Natalia Osipova.



Svetlana Zakharova






Natalia Osipova

Brand Russian Pointe diciptakan oleh Aleksandra Efimova pada tahun 1998. Pasar awal yang disasar Aleksandra adalah pasar Amerika karena saat itu Aleksandra masih berdomisili di Amerika. Walaupun begitu, Russian Pointe diciptakan handmade di Rusia dengan bahan-bahan berkualitas terbaik dan pengrajin yang high skilled. Sekarang Russian Pointe sudah membuka outletnya di berbagai belahan dunia dan menjual produknya secara online. Produk yang dijual juga bukan hanya pointe shoes, tetapi juga leotard (baju ballet), aksesoris perlengkapan ballet, bahkan buku mengenai pointe shoes. 

Meski begitu, brand name dari Russian Pointe tidak berubah. Nama ini tetap dipertahankan dan bukan hanya menjadi brand dari pointe shoes, tetapi juga leotard dan produk lain. Brand ini mempunyai mempunyai dua kebanggaan ballerina : pointe shoes dan Russian Ballet.


Menggabungkan keduanya menjadi satu tentu merupakan suatu strategi branding yang pintar. Brand association dari Russian Pointe menjadi merek pointe shoes yang profesional, mahal, berkualitas sangat baik, dan menjadi kebanggaan bagi para pemakainya.

Aleksandra tidak sekedar membuat brand ini menjadi menarik karena namanya. Russian Pointe tetap mengutamakan kualitas produknya. Brand association ini benar-benar merupakan suatu kenyataan. Aleksandra tidak menyia-nyiakan kesempatan brand association yang sangat positif dari konsumen ini. Dikembangkannyalah produk lain dengan brand name yang sama. Penjualan produk lain dapat terdongkrak dengan pemakaian brand name yang sama.

Russian Pointe menjadi salah satu brand unggulan untuk pointe shoes, menyaingi brand-brand pointe shoes terkenal lainnya seperti Bloch, Grishko, Capezio, dan lain-lain.

1 komentar: