What's in this blog

I don't tell you a lot about theories, you can Google them easily. I tell you about my opinion, which can affect your opinion and open your mind about marketing and branding.

Sabtu, 16 Mei 2015

Ulang Tahun Bersama Garuda Food

Produk Garuda Food biasanya hanya ditemui di toko-toko ritel atau warung. Pokoknya dijual terpisah satu sama lain dan bisa dibeli eceran. Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Garuda Food membuat sebuah website beralamat www.ultahku.com dan menyediakan paket-paket ulang tahun anak didalamnya.

Anak-anak yang berulang tahun biasanya menyediakan bingkisan untuk teman-temannya. Bingkisan berupa beberapa produk makanan atau mainan yang dikemas di dalam plastik warna-warni lalu diberi pita atau nama yang berulang tahun.

Garuda Food peduli dengan hari ulang tahun dan ingin ikut berpartisipasi dalam mengisi hari ulang tahun anak. Produk-produk makanan ringan seperti Kacang Telur Garuda, Keripik Kentang Leo dan produk yang target market nya anak-anak seperti susu Clevo dikombinasikan dan dibungkus di dalam satu package. Packaging pun dibuat menarik, dengan gambar ikon-ikon produk GarudaFood, seperti burung biru dalam produk Gary, dan singa dalam produk Leo. Warna-warna pun dibuat cerah dan ceria.

Garuda Food sangat percaya diri dalam mengeluarkan produk baru. Brand architecture yang digunakan adalah endorse brand karena dapat dilihat dalam hampir semua produk GarudaFood, tulisan brand GarudaFood terpampang dengan besar dan jelas di bagian depan kemasan produk.
Begitu juga dengan bingkisan ulang tahun ini. Logo dan tulisan GarudaFood dapat terlihat karena sangat obvious. 

Pemesanan dapat dilakukan dengan mudah secara online. Disediakan juga jasa pengiriman gratis bagi beberapa daerah di Indonesia. Selain bingkisan, GarudaFood juga menyediakan topi ulang tahun, peralatan ulang tahun lain, bahkan event organizer.

Selain dapat meningkatkan pendapatan, GarudaFood juga dapat mengenalkan dan "memaksa konsumen membeli" brands produk-produk nya yang mungkin jika dijual terpisah secara eceran kurang begitu laku di pasaran, atau penjualannya tidak sebagus brands yang lebih ternama. Tentu saja, karena isi paket tidak bisa konsumen tentukan sendiri produk-produknya. Konsumen hanya bisa memilih paket berdasarkan harga (kelengkapan produk berbeda).

Ini saya dapatkan dari murid ballet saya yang berulang tahun. Tidak usah anak kecil, saya saja senang kok dapat bingkisan ini. :)



1 komentar: