What's in this blog

I don't tell you a lot about theories, you can Google them easily. I tell you about my opinion, which can affect your opinion and open your mind about marketing and branding.

Sabtu, 16 Mei 2015

Tokopedia dan Chelsea Islan

Tokopedia adalah sebuah online marketplace yang memungkinkan setiap individu dapat membuka toko online mereka secara gratis. Tokopedia berdiri tanggal 17 Agustus 2009 setalah mendapatkan seed funding dari PT Indonisa sebesar Rp. 2,5 milyar. Tokopedia ingin menyelesaikan masalah belanja online dengan menyediakan online marketplace yang aman dan terjamin. Tokopedia berperan sebagai mediator antara penjual dan pembeli. Visi Tokopedia adalah membangun Indonesia lebih baik lewat internet. Tokopedia ingin membantu usaha kecil dan menengah agar dapat berkembang dan meningkatkan penjualan melalui internet.

Kompetitor Tokopedia antara lain adalah Lazada, Elevenia dan Bukalapak. Website-website ini mengumpulkan orang-orang yang ingin berjualan online. Penjual boleh berasal dari macam-macam kategori produk. Sangat banyak variasi produk yang dijual di dalam online marketplace seperti ini.

Tokopedia merupakan online marketplace pertama yang didirikan oleh orang Indonesia. Hal ini membuat Tokopedia kesulitan dalam mencari investor pada awalnya karena belum pernah terdengar bisnis internet Indonesia yang sukses.

Tokopedia bisa diibaratkan online mall. Berkunjung ke website Tokopedia itu seperti berkunjung ke mall dimana banyak toko-toko yang menjual beragam produk dengan beragam harga.

Tokopedia memilih Chelsea Islan sebagai brand ambassador pada bulan November tahun 2014. Dalam memilih brand ambassador, Tokopedia tidak sembarang memilih artis yang sedang naik daun dan cantik saja. Chelsea Islan dinilai sebagai sosok yang cerdas, berjiwa sosial tinggi, dan sama-sama ingin memajukan Indonesia. Selaras dengan visi dan misi Tokopedia.

www.marketing.co.id


Chelsea Islan sendiri merupakan sosok yang sedang sangat digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Tepat sekali Tokopedia bergerak cepat untuk mendapatkan Chelsea. Sejak mendapatkan dana sebesar Rp. 1,2 triliyun dari Softbank, Tokopedia gencar memasang iklan dengan menaruh foto Chelsea Islan memakai gaun hijau, sesuai dengan warna Tokopedia, di setiap medianya. Chelsea memang mampu menyedot perhatian massa.

Pemilihan brand ambassador dapat mempengaruhi brand association dari produk anda. Brand association nantinya akan mempengaruhi brand image. Sehingga dalam memilih brand ambassador harus dipikirkan matang-matang dan benar. Jika salah dalam memilih brand ambassador, citra perusahaan bisa-bisa tidak sesuai dengan yang diinginkan dan positioning brand dapat berubah dalam benak konsumen.Brand ambassador dapat membantu meningkatkan brand awareness bagi perusahaan juga. Dengan brand ambassador yang positif, brand association produk bisa menjadi positif pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar